Tarif Angkutan di DIY Turun 6%

Selasa, 20 Januari 2009 – 04:30 wib

YOGYAKARTA – Tarif angkutan darat di DIY untuk AKDP dan perkotaan turun masing-masing turun 5% dan 6%. Hal itu berdasarkan rapat keputusan yang dihadiri Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, DPD Organda DIY, YLKI, Jaringan Transportasi, akademisi dan Dishub kabupaten/kota di DIY, Senin (19/1/2009).

Turunnya tarif angkutan di DIY ini menyusul kebijakan pemerintah yang telah menurunkan harga BBM jenis premium dan solar masing-masing menjadi Rp4.500 per liter. Pemeritah melalui Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal juga sudah menetapkan secara nasional penurunan tarif tarif angkutan umum rata-rata 7,22%.

Kepala Dishub DIY Mulyanto Hadi Kusumo mengatakan, berdasarkan hasil rapat semua angkutan di DIY tarifnya turun. “Untuk AKDP tarif turun 5% dan perkotaan 6%. Hasil rapat ini segera dilaporkan ke Gubernur DIY untuk dikeluarkan surat keputusan (SK). Kemungkinan awal Februari sudah diberlakukan tarif baru tersebut,” jelasnya.

Ketua DPD Organda DIY Jhonny Pramantya mengatakan, pihaknya menyetujui hasil rapat tersebut. Sebenarnya, kata dia, penurunan harga BBM, hanya menyumbang 5% dalam biaya operasional angkutan umum. Menurut dia, komponen suku cadang menyumbang 30% dari biaya operasional yang dikeluarkan angkutan umum. “Jadi komponen itulah yang merupakan faktor utama penentuan tarif angkutan umum,” katanya.

Namun, kata dia, karena sudah menjadi keputusan bersama, akhirnya DPD Organda maupun DPC Organda se-DIY menyepakatinya. “Ya, bagimana lagi, sudah menjadi keputusan akhirnya harus dijalankan. Tapi kami, tidak tahu persis kapan tarif baru itu,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini, tarif baru yang sudah diberlakukan baru bus pariwisata. Tarif bus pariwisata yang baru sudah diberlakukan, yakni turun 5%, dari sebelumnya Rp2 juta per hari menjadi Rp1,9 juta per hari.

Jhonny beralasan, pihaknya baru menurunkan tarif bus pariwisata karena lebih mudah perhitungannya karena pembahasannya tidak berdasarkan hitungan per penumpang. (Ridwan Anshori/Sindo/fit)

Source : okezone.com

Leave a comment

Filed under Public Transportation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s