Toyota PHK 3.000 Karyawan Kontrak

Foto: Ist

Selasa, 20 Januari 2009 – 11:20 wib

TOKYO – Produsen automotif Jepang, Toyota, dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk merumahkan 3.000 karyawan domestiknya.

Keinginan ini diungkapkan juru bicara dari Toyota Motor Corp, Yomiuri Shimbun, sebagaimana dikutip dari AFP, Selasa (20/1/2009). Menurutnya, sekitar 3.000 pekerja kontrak dan pekerja paruh waktu akan dirumahkan pada Maret 2009. Pengurangan jumlah pekerja ini akibat kondisi keuangan perusahaan yang belum menunjukkan kearah pemulihan.

“Kami belum bisa memastikan kelangsungan masa depan kontrak para pekerja tersebut, namun jika melihat rencana produksi dan penjualan yang akan dijalankan pada 2009, maka hal tersebut mungkin saja dilakukan. Tetapi perihal jumlahnya, kami belum bisa memastikan,” kata juru bicara itu.

Para pekerja kontrak ini sebenarnya amat membantu dalam meningkatkan jumlah produksi. Tercatat pada pertengahan tahun pertama 2005, Toyota memiliki 11.000 pekerja kontak. Kemudian merosot pada 2008 menjadi 9.000 karyawan. Dan, jika Maret 2009 nanti tidak ada karyawan yang diperpanjang kontaknya, maka dapat dipastikan Toyota kehilangan 3.000 karyawannya lagi. (ton)

Source : okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s