Ratusan Angkot di Depok Kena Razia Kir

foto : azkamadihah.wordpress.com

Jum’at, 23 Januari 2009 – 21:28 wib, disalin dari okezone.com

DEPOK – Dinas Perhubungan Kota Depok merazia ratusan angkutan kota (angkot) di empat titik untuk mengecek kir kendaraan. Dari 200 angkutan kota yang dirazia, terdapat 85 angkot yang belum memperpanjang kir dan tidak layak uji. Kepala Unit Pelayanan Teknis dan Penelitian Kendaraan Bermotor Dishub Kota Depok, Kusumo mengatakan, target lolosnya uji kir kendaraan di Depok selalu menurun setiap tahunnya sejak tahun 2007. Hal ini, kata dia, disebabkan beberapa faktor diantaranya, karena kenaikkan harga BBM beberapa waktu lalu yang menyebabkan pengusaha angkot kurang menyadari pentingnya uji kir.

“Selain itu penertiban yang menurun, serta adanya mutasi kendaraan dari dank ke Depok,” kata Kusumo.

Dia menjelaskan, hal ini adalah tahap sosialisasi kepada para supir dan pengusaha angkot untuk mengurus kir mereka. Di masa mendatang, akan dikenakan sanksi sesuai Perda Nomor 18 Tahun 2001 dengan ancaman 3 bulan penjara serta denda Rp5 juta.

“Kita akan coba sisir terus, ini baru sosialisasi, setelah ini akan kita beri surat teguran, akan rutin setahun dua kali,” jelasnya.

Kusumo menambahkan, razia ini dilakukan dalam rangka mencapai target Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). PKB Depok tahun 2008 adalah sebesar Rp1,2 miliar. “Harus sama dengan itu, atau bahkan lebih,” tuturnya.

Titik-titik razia tersebut antara lain adalah Terminal Depok, dari 40 angkot terdapat 8 angkot yang tidak lolos uji. Sama halnya dengan di kecamatan Sawangan, dari 25 angkot, terdapat 23 angkot yang tidak lolos uji kir dan belum memperpanjang kir.

Sementara di Kecamatan Cimanggis, dari 4 angkot seluruhnya belum memperpanjang kir. Terbanyak adalah di Pasar Cisalak, dari 125 angkot, sebanyak 40 persen, angkot belum memperpanjang kir. Dinas Perhubungan Kota Depok mengungkapkan, banyak retribusi daerah yang tertahan akibat dalih para pengusaha angkot yang beralasan mahalnya harga onderdil. Sedangkan potensi kendaraan yang tidak lolos uji kir dan perpanjangan masa berlaku kir adalah sebanyak 17.400 kendaraan, terdiri dari angkutan umum, bus, angkutan barang, serta angkutan khusus seperti ambulans. (nov)

Leave a comment

Filed under Public Transportation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s