Musibah KM Teratai, Pemecatan Adpel Dinilai Tepat

Musibah KM Teratai, Pemecatan Adpel Dinilai Tepat

Sabtu, 24 Januari 2009 – 09:00 wib

JAKARTA – Pengamat Transportasi dari Forum Kordinator Keselamatan Transportasi Heru Sutomo menilai tindakan pencopotan dua Administrator Pelabuhan (Adpel) Samarinda dan Parepare terkait peristiwa tenggelamnya KM Teratai Prima di perairan Majene 11 Januari 2009 lalu adalah langkah tepat.

“Adpel Samarinda Sudiyono dan Adpel Parepare Nurwahidah, memang sudah sepantasnya untu dinonaktifkan, karena mereka sudah menyalahi aturan procedural,” ujar, Heru Sutomo kepada Okezone, via telepon (24/1/2009).

Dikatakan olehnya seorang adpel secara prosedur seharusnya tahu kapan waktu aman untuk berlayar dan kapan waktu yang tidak aman untuk berlayar, dan dia berhak dan harus mencegah jika ternyata kondisi tidak aman.

“Sangat mungkin bagi dia untuk bertanggung jawab atas tenggelamnya kapal KM Teratai, kalau dia tidak memperhatikan informasi laut dari CMC, maka dia membuat kontribusi terhadap kecelakaan,” tegasnya.

CMC atau Celebes Mina Certification adalah suatu lembaga yang melakukan perkiraan harian tinggi gelombang, yang berguna bagi para awak kapal terutama adpel guna menentukan kebijakan diberangkatkan atau tidaknya sebuah kapal untuk berlayar.

Dijelaskan pula olehnya, penyebab dalam kecelakaan kapal bisa dua hal, penyebab secara prosedural dan penyebab secara teknis yang menyangkut kondisi kapal dan terkait dengan pemilik kapal. Dan keduanya harus sama-sama bertanggung jawab dalam kecelakaan tersebut.

Diketahui sebelumnya, Dephub meonaktifkan 2 adpel yaitu Adpel Samarinda Sudiyono dan Adpel Parepare Nurwahidah, yang merupakan adpel aktif saat insiden KM Teratai yang menyebabkan hilangnya ratusan orang di perairan Majene.(fit) (mbs)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Water Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s