Dishub: Operasi Tarif Angkutan Umum Berlanjut

Selasa, 3 Februari 2009 – 10:07 wib, okezone.com

JAKARTA – Dinas Perhubungan DKI Jakarta terus melaksanakan operasi penurunan tarif angkutan umum sampai tidak ada lagi keluhan dari masyarakat dan awak angkutan menaati ketentuan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Riza Hasyim mengungkapkan, sekira pukul 15.00 WIB sore nanti jajarannya bersama pihak terkait menggelar rapat hasil penindakan dalam operasi penurunan tarif angkutan umum.

“Dalam rapat itu setiap terminal akan melaporkan hasil tindakannya,” kata Riza saat berbincang dengan okezone, Selasa (2/2/2009).

Dia menjelaskan, hari ini operasi penurunan tarif juga berlanjut seperti sehari sebelumnya. Operasi ini akan terus dilakukan bila masih ada angkutan umum yang membandel dan tidak ada batasan waktu.

“Hasil operasi kemarin tercatat ada 69 angkutan umum yang ditindak. 63 ditilang dan 6 dikandangkan,” beber Riza.

Kepala Dishub DKI berharap dengan operasi seperti ini pengemudi atau pengusaha angkutan umum menurunkan tarif sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta.

Ketika ditanya soal keluhan pengemudi karena masih banyak pungutan liar yang memberatkan, Riza menyatakan bakal menindak tegas oknum Dishub yang berbuat demikian.

“Sudah banyak dari oknum Dishub yang dikandangkan. Maksudnya ditarik dari lapangan, jadi staf dan jaga kantor. Tapi untuk bulan ini belum ada oknum Dishub yang nakal ditindak,” ungkapnya.

Namun demikian, pungli tidak langsung yang dilakukan atas kesepakatan antara pengemudi dan timer atau preman misalnya, tidak serta merta Dishub menindaknya. Pasalnya, hal itu di luar kewenangan Dishub. “Kalau Dishub nangkepin preman, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Dishub jadi nambah dong,” tutur Riza berkelakar. (ram)

Leave a comment

Filed under Public Transportation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s