Penurunan Tarif Angkot Terkendala Keputusan Wali Kota

Selasa, 3 Februari 2009 – 12:13 wib, okezone.com

JAKARTA – Penurunan tarif angkutan kota di sejumlah wilayah mengalami berbagai kendala. Hal ini disebabkan karena tarif ditetapkan oleh wali kota atau bupati di tiap-tiap daerah.

“Ada beberapa kendala pada angkutan kota yang ditetapkan wali kota atau bupati setempat,” ujar Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Selasa (3/2/2009).

Hingga saat ini, lanjutnya, daerah seperti Makassar, Jakarta, dan Batam masih bertahan dengan tarif angkutan kota yang ada. Namun demikian, dia mengaku ketiga daerah tersebut sedang menuju ke arah penurunan tarif. “Tapi semua menuju ke arah turun,” ungkapnya.

Jusman mengaku, telah menerima laporan bahwa telah terjadi penurunan tarif di angkutan darat, laut dan udara di hampir seluruh daerah di Indonesia. Penurunan tarif berkisar antara 7 dan 20 persen.

“Insya Allah kelihatannya begitu. Jadi dari laporannya sudah turun. Jadi di semua tempat. Ada daerah yang menurunkan 7 sampai 10 persen, ada daerah yang menurunkan 10 sampai 19 persen, dan daerah yang lebih 20 persen,” katanya.

Dijelaskan Jusman, semua angkutan baik darat, laut, maupun udara akan mengalami penurunan. “Jika angkutan darat dan laut turun, otomatis udara turun. Kalau laut itu juga lebih didorong kurangnya angkutan. Jadi dengan demikian supply lebih besar daripada demand,” ujarnya.

Sedangkan mengenai tarif angkutan kereta api, dirinya mengaku untuk kelas ekonomi dan bisnis, nanti pihak pemerintah yang akan mengadakan pengaturan supply dan demand.

“Ekonomi dan bisnis nanti ada pengaturan supply dan demand,” pungkasnya. (lsi)

Leave a comment

Filed under Public Transportation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s