Landasan Tergenang, Bandara Semarang Ditutup

Minggu, 8 Februari 2009 – 09:46 wib, sumber berita dan foto : okezone.com

SEMARANG – Akibat hujan deras yang mengguyur kota Semarang, Bandara Ahmad Yani terpaksa ditutup karena landasan pacu pesawat tergenang air dengan ketinggian 13-20 sentimeter.

Empat maskapai penerbangan pun akhirnya menunda jadwal penerbangan, terutama penerbangan dengan tujuan Jakarta.

Pantauan di lapangan, seluruh akses jalan menuju bandara pun terputus. Baik itu dari arah timur dari arah Jalan Pandanaran maupun dari arah barat yakni dari arah Kali Banteng. Tidak hanya itu, lahan parkir kendaraan di bandara juga saat ini sudah tergenang.

“Saat ini kami sedang mengoptimalkan pemompaan,” ujar General Manager (GM) Angkasa Pura I, Bambang Swastono, Minggu (8/2/2009).

Hingga saat ini, pihak bandara belum bisa memastikan kapan bandara akan dibuka kembali.(lam)
(Sari Septiyaningtias/Sindo/uky)

Bandara Semarang Ditutup, 700 Penumpang Menumpuk

Minggu, 8 Februari 2009 – 10:24 wib, okezone.com

SEMARANG – Sebanyak 700 penumpang diperkirakan akan menumpuk di Bandara Ahmad Yani, Semarang akibat penutupan aktivitas bandara. Seluruh jadwal penerbangan di Bandara Ahmad Yani terpaksa ditunda karena landasan pacu pesawat masih tergenang setinggi 13 sentimeter setelah hujan deras mengguyur sejak semalam.

Air menggenangi landasan dari runway 13 hingga runway 31. PT Angkasa Pura I saat ini sedang berupaya mengeringkan landasan dengan menggunakan 24 unit pompa.

“Toleransi aman ketinggian air untuk landasan hanya 10 sentimeter,” ujar General Manager (GM) Angkasa Pura I, Bambang Swastono, Minggu (8/2/2009).

Diperkirakan, lanjut dia, aktivitas bandara akan kembali normal sekira pukul 13.00 WIB. Akibatnya, akan ada 9 penerbangan keberangkatan dan 12 penerbangan kedatangan yang tertunda.(lam)(uky)

9 Penerbangan dari Bandara Semarang Diberangkatkan Pukul 13.00 WIB

Minggu, 8 Februari 2009 – 11:11 wib

SEMARANG – Setelah genangan air di landasan pacu pesawat selesai dikeringkan, siang ini PT Angkasa Pura I akan membuka kembali aktivitas penerbangan di Bandara Ahmad Yani.

Sembilan jadwal penerbangan yang sempat tertunda direncanakan akan diberangkatkan pukul 13.00 WIB.

Berdasarkan data di lapangan, ada 7 penerbangan tujuan Semarang-Jakarta dengan Pesawat Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air, satu Pesawat Sriwijaya Air rute penerbangan Surabaya-Balikapapan, dan satu penerbangan dengan Pesawat Batavia Air yang saat ini ditunda keberangkatannya. Sebanyak 151 orang penumpang mencoba meminta konfirmasi dari pihak maskapai terkait penundaan jadwal keberangkatan mereka.

Seperti diberitakan, ada 9 penerbangan keberangkatan dan 12 penerbangan kedatangan yang tertunda akibat banjir yang menggenangi bandara dan jalan akses menuju bandara di pusat pemerintahan Provinsi Jawa Tengah itu.(lam)(Sari Septiyaningtias/Sindo/uky)

Hujan Deras, Bandara Semarang Batal Dibuka

Minggu, 8 Februari 2009 – 12:14 wib

SEMARANG – PT Angkasa Pura I membatalkan rencana membuka kembali Bandara Ahmad Yani Semarang pada pukul 13.00 WIB, setelah sebelumnya ditutup karena tingginya genangan air di landasan pacu pesawat.

Hal tersebut dikarenakan kondisi cuaca buruk di wilayah Semarang, Jawa Tengah. “Seluruh jadwal penerbangan ditunda hingga pukul 15.00 WIB karena cuaca buruk,” ujar petugas Bandara Ahmad Yani melalui pengeras suara, Minggu (8/2/2009).

Sebelumnya, General Manager (GM) Angkasa Pura I, Bambang Swastono juga mengatakan ada kemungkinan pembatalan pembukaan bandara pada pukul 13.00 WIB karena hujan masih terus turun.

Saat ini ketinggian air di runway 13 sepanjang 500 meter hanya tersisa 5 sentimeter. Sebanyak 23 unit pompa dari PT Angkasa Pura I dan 25 unit pompa dari Dinas Pengeloaan Sumber Daya Air Jawa Tengah saat ini dikerahkan untuk mengeringkan landasan pacu pesawat.(lam)(Sari Septiyaningtias/Sindo/uky)

Satu Penerbangan ke Semarang Batal & Dua Delay

Minggu, 8 Februari 2009 – 13:13 wib

TANGERANG – Sedikitnya tiga penerbangan tujuan Semarang dari Bandara Soekarno-Hatta mengalami pembatalan dan penundaan menyusul ditutupnya Bandara Ahmad Yani di Semarang akibat terendam banjir.

Bagian Officer in Charge (OIC) Bandara Soekarno-Hatta saat dihubungi mengatakan, tiga pesawat tersebut adalah Garuda, Sriwijaya, dan Batavia. Bahkan untuk pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 230 dibatalkan penerbangannya.

Seharusnya pesawat tersebut berangkat pukul 06.00 WIB namun langsung dibatalkan. “Garuda tujuan Semarang dibatalkan penerbangannya,” ujar Sopiyan, salah seorang petugas OIC di Tangerang, Minggu (8/2/2009).

Sedangkan untuk dua pesawat lainnya, yaitu Sriwijaya dengan nomor penerbangan 224 mengalami penundaan hingga pukul 13.30 WIB. Begitu pula dengan pesawat Batavia Air dengan nomor penerbangan 311 yang ditunda hingga pukul 13.00 WIB. “Sejauh ini baru tiga maskapai yang mengalami hambatan,” ucapnya.(ful)

Hujan Terus Turun, Bandara Ahmad Yani Masih Lumpuh

Minggu, 8 Februari 2009 – 15:31 wib

SEMARANG – Hujan deras yang terus mengguyur kawasan Semarang membuat Bandara Ahmad Yani belum bisa beroperasi. Padahal sebelumnya pihak PT Angkasa Pura menargetkan bandara akan kembali dibuka pada pukul 13.00 WIB.

General Manager PT Angkasa Pura I Bambang Suwarsono menyatakan hingga kini genangan air di landasan pacu bandara belum susut. Pihaknya belum berani memberi pernyataan sampai kapan bandara bisa dibuka kembali.

Meski sudah disedot oleh 24 pompa dan mobil pemadam kebakaran PT Angakasa Pura I, PSDA, Pemkot Semarang serta dinas kebakaran, air masih saja menggenang.

Lokasi genangan air sepanjang 1.000 meter dari runway 13 ke arah timur runway 31. Banjir ini menurut Bambang disebabkan karena curah hujan yang tinggi dan bukan akibat luapan sungai.

23 pompa tetap milik bandara tak sanggup mengatasi limpahan air. Bahkan di sebelah selatan landasan pacu juga ada kolam penampungan air. Namun hal itu tak cukup membebaskan bandara dari banjir.

Sebelumnya di tahun 1997 dan 2007, landasan paju juga pernah dilanda banjir namun tak setinggi saat ini. “Kami sudah antisipasi dengan memasang pompa dan membangun kolam penampungan namun tak ada hasilnya,” ujar Bambang di Semarang, Minggu (8/2/2009).

Ke depan, sambung Bambang, pihaknya akan memasang pompa tambahan. Selain itu PT AP akan bekerjasama dengan PSDA untuk membangun sistem drainase yang tepat bagi bandara Ahmad Yani.(ful)


Leave a comment

Filed under Air Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s