Terowongan Bawah Tanah di China Ambruk, 3 Tewas

Disadur dari kompas.com

DOKUMEN CHINA DAILY
Lokasi terowongan yang ambruk di kota Hangzhou, China timur, Sabtu (15/11).
Minggu, 16 November 2008 | 13:20 WIB

BEIJING, MINGGU — Sebuah terowongan bawah tanah selebar 75 meter yang masih dalam pembangunan di Hangzhou, China bagian timur, ambruk, Sabtu (16/11). Akibatnya, tiga orang tewas dan 17 orang lainnya yang diduga para pekerja konstruksi dinyatakan hilang akibat terperangkap di reruntuhan.

Reruntuhan jembatan ini juga telah menciptakan sebuah kawah besar dan menyebabkan lebih dari 10 kendaraan terjungkal ke dalamnya. Menurut kantor berita China, Xinhua, hingga kini tim penyelamat terus memompa keluar air yang merembes ke dalam kawah tersebut. “Kecil kemungkinan para pekerja yang terjebak dapat bertahan akibat air yang menggenangi kawah,” ujar Wang Guangrong, juru bicara tim penyelamat, Minggu (16/11), seperti yang dilansir Xinhua.

Wang mengatakan, tim penyelamat telah mengangkat kendaraan yang terperangkap ke dalam kawah, semua pengendara dan penumpang selamat.

Menurut Xinhua, saat ini pihak berwenang tidak segera mencari tahu kemungkinan ambruknya bagian terowongan bawah tanah lainnya. Sementara itu, pemerintah provinsi memerintahkan penundaan pembangunan proyek tersebut.

Terowongan yang ambruk ini merupakan bagian dari proyek pembangunan terowongan bawah tanah sepanjang 68,8 kilometer. Proyek yang dimulai sejak Maret 2007 ini menelan dana sekitar 5,1 miliar dollar AS dan direncanakan selesai pada 2011.

Leave a comment

Filed under Structure Engineering

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s