Pesawat Airbus Mendarat di Sungai, Kemahiran Pilot Selamatkan Penumpang


Reuters

Jumat, 16/01/2009 11:50 WIB

Pesawat Airbus Mendarat di Sungai Kemahiran Pilot Selamatkan Penumpang

Rita Uli Hutapea – detikNews

York – Para penumpang pesawat US Airways Flight 1549 merasa sangat beruntung. Bagaimana tidak, mereka semua selamat setelah pesawat yang mereka naiki mengalami gangguan dan mendarat darurat di perairan dingin Sungai Hudson, New York, AS.

Semua itu tak lepas dari kemahiran sang pilot yang dengan kepala dingin berhasil mengatasi situasi gawat. Para penumpang pun berterima kasih dan memuji-muji pilot bernama Chesley Burnett “Sully” Sullenberger III tersebut.

Sullenberger merupakan mantan pilot jet tempur. Dia berhasil menyelamatkan lebih dari 150 orang setelah mendaratkan dengan selamat pesawat Airbus A320 di atas sungai dingin Hudson. Sullenberger mengarahkan pesawatnya ke sungai setelah dua mesin pesawat mati usai tabrakan dengan sekelompok burung.

Pesawat tersebut bertolak dari Bandara LaGuardia pada Kamis, 15 Januari pukul 15.26 waktu setempat menuju Charlotte, North Carolina. Pesawat baru saja mengudara selama tiga menit ketika gangguan itu terjadi.

Apa yang dilakukan sang pilot disebut-sebut sebagai keberhasilan “pendaratan di atas air sesuai buku panduan”. Ketika mesin pesawat mengalami masalah, pilot dengan tenang menurunkan pesawat ke sungai dengan ekor pesawat lebih dulu menyentuh air.

Kemudian dengan pesawat mengapung di atas air, 150 penumpang dan 4 kru serta sang pilot keluar dari pesawat dan berdiri di atas sayap. Kapal-kapal bantuan datang dengan cepat sehingga seluruh penumpang dan kru berhasil dievakuasi dengan selamat sebelum pesawat akhirnya benar-benar tenggelam.

“Tampaknya pilot melakukan pekerjaan yang bagus sekali dengan mendaratkan pesawat di atas sungai, dan kemudian memastikan semua orang keluar,” puji Walikota New York Michael Bloomberg seperti dilansir harian Sydney Morning Herald, Jumat (16/1/2009).

Dikatakannya, pilot sampai dua kali masuk pesawat untuk memeriksa kalau-kalau masih ada orang di dalam. Setelah itu barulah dia keluar dari pesawat.

Sejumlah pejabat aviasi internasional menyebut ini pertama kalinya pesawat komersial berhasil melakukan pendaratan di atas air.

Pilot British Airways Eric Moody menuturkan, pendaratan tersebut merupakan pendaratan di atas air sesuai buku panduan. “Itu sangat jarang terjadi, kecuali Anda dekat dengan sebuah landasan,” tuturnya.

“Siapapun yang menerbangkan pesawat itu telah melakukan pekerjaan yang sangat bagus,” pujinya.

Pendaratan di atas air (ditching) merupakan pendaratan darurat di perairan. Ini kadang-kadang terjadi pada pesawat militer dan pesawat yang lebih kecil. Namun sangat jarang terjadi pada pesawat penumpang komersial.

Suhu udara di Sungai Hudson saat kejadian itu di bawah 6 derajat Celcius. Brrrrrr……
(ita/iy)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Air Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s